Rabu, 20 Maret 2013

Bersiap Memenangkan Kompetisi

- Tajuk Spliker Edisi 1/2013 -

Akhir Februari lalu, SPJICT kedatangan tamu pengurus serikat pekerja. Tamu pertama, Serikat Pekerja Port Tanjung Pelepas (SPPTP), Malaysia. Tamu kedua, Serikat Pekerja Terminal Petikemas Surabaya (SPTPS). Pengurus SPPTP dengan terus terang mengakui SPJICT merupakan union yang sudah sangat dikenal di Malaysia khususnya kalangan pekerja pelabuhan. Karena itu, pengurus SPPTP sudah lama berkeinginan untuk berkunjung dan belajar tentang keberhasilan SPJICT.

Hal yang sama juga diungkapkan pengurus SPTPS Surabaya. Mereka melihat SPJICT dan SPTPS Surabaya memiliki kesamaan sebagai perusahaan yang diprivatisasi. SPTPS mengaku ingin belajar banyak dari SPJICT sebagai serikat pekerja yang memiliki kesetaraan dengan pihak manajemen.

Apresiasi terhadap SPJICT patut disyukuri. Betapapun apresiasi itu tidak lahir serta-merta. Tapi melalui proses panjang yang sudah dilalui SPJICT. Kita ingat di masa-masa ketika SPJICT bergerak membangun kekuatan bersama serikat pekerja lainnya di pelabuhan. Tujuan SPJICT ketika itu semata-mata ingin terwujudnya kesetaraan khususnya kesejahteraan di lingkungan pekerja pelabuhan. Alhasil, jika sekarang serikat pekerja menyampaikan apresiasi terhadap SPJICT, hal tersebut merupakan buah dari perjuangan panjang yang sudah dilakukan.

Namun demikian, perjalanan masih panjang. Banyak perubahan di dunia pelabuhan yang kini sedang dan akan terjadi. Kompetisi antarterminal petikemas akan semakin ketat. Karena itu, SPJICT harus bersiap diri menyongsong berbagai perubahan tersebut. Kata kunci yang tidak boleh dilupakan adalah soliditas. SPJICT sebagai wadah aspirasi pekerja memiliki tanggung jawab besar dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas menghadapi era persaingan tersebut. Kita harus bersama-sama, bahu-membahu menyikapi perubahan yang demikian cepat di dunia pelabuhan. [Redaksi]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar